AHY Potensial Jadi Cawapres

 

 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Alvara Research Center, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menduduki peringkat teratas sebagai sosok yang dinilai memiliki potensi menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

 

“Jika responden ditanya tentang sosok Cawapres potensial, AHY menempati urutan pertama dengan presentase 17,2%,” ujar Pendiri dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali.

 

Untuk selanjutnya, posisi yang dinilai berpotensi menjadi cawapres setelah AHY adalah Gatot Nurmantyo (15,2%), Jusuf Kalla (13,1%), Anies Baswedan (9,3%), dan Muhaimin Iskandar (8,9%).

 

Selain itu AHY paling dianggap sebagai tokoh muda yang layak menjadi Cawapres dengan perolehan sebesar 25,7%, disusul oleh Ridwan Kamil (15%), Anies Baswedan (15%), dan Muhaimin Iskandar (14,2%).

 

“Muhaimin Iskandar dianggap sebagai tokoh Islam paling layak menjadi Cawapres dengan perolehan 21,7%, disusul kemudian oleh Anies Baswedan (14,9%), Jusuf Kalla (7,8%). Selain  itu Muhaimin Iskandar juga memuncaki posisi sebagai tokoh Santri Indonesia dan tokoh dengan latar belakang Nahdlatul Ulama yang paling layak menjadi Cawapres 2019,” sebutnya.

 

Dijelaskan, survey tersebut melibatkan 2.203 responden, dengan menggunakan pendekatan riset kuantitatif, dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survey dilaksanakan dari tanggal 17 Januari hingga 7 Februari 2018. Metode sampling yang digunakan dalam riset ini adalah multi-stage random sampling, dengan margin of error sebesar 2%, pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel diambil di seluruh Provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap kumlah penduduk sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia.

 

Lebih lanjut dipaparkan, hasil riset menemukan bahwa kombinasi yang paling banyak disetujui olah publik adalah Sipil-Militer (93,2%), kemudian Nasionalis-Islam (89,9%) dan Usia Tua-Usia Muda (84,7%).

 

Tiga tokoh yang mendapat tingkat persetujuan paling tinggi sebagai Cawapres Joko Widodo adalah  Gatot Nurmantyo (61,9%), kemudian Muhaimin Iskandar (59,6%) dan Agus Harimurti Yudhyono (55,5%).

 

Sementara, tiga tokoh yang mendapat tingkat persetujuan paling tinggi untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto adalah Anies Baswedan (60,0%), kemudian Muhaimin Iskandar (59,4%), dan Agus Harimurti Yudhoyono (56,3%).

Komentar Anda

Komentar Anda