Gugatan Diterima, JR Saragih Kembali Ikut Pilkada Sumut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara akhirnya mengabulkan gugatan JR Saragih terhadap Komisi Pemilihan Umum Propinsi Sumatera Utara terkait ijazahnya yang sebelumnya dinyatakan bermasalah oleh KPU Sumut. Dalam sidang terbuka yang berlangsung sejak Sabtu (3/3/2018) sore hingga malam tersebut, Bawaslu Sumatera Utara menerima gugatan JR – Ance dan memerintahkan KPU untuk mencabut keputusan mereka yang menganulir keikutsertaan JR dalam Pilkada Juni mendatang.

Dikatakan JR Saragih usai sidang, ia sudah yakin akan bisa memenangkan gugatan ke KPU dan akan berlaga di KPU Sumut.

“Sejak awal kami yakin, karena memang tidak ada masalah dengan ijazah saya,” kata JR Saragih usai persidangan.

Sebelumnya, pada saat pelaksanaan sidang, ratusan masa pendukung JR Saragih yang sejak sudah berkumpul di halaman Kantor Bawaslu Sumut terlihat menggelar orasi dengan tertib dan menunggu palu sidang Ketua Bawaslu diketuk. Suasana berubah saat Ketua Bawaslu mengetuk palu tanda gugatan JR Saragih dan Ance dinyatakan diterima.

Ratusan pendukung JR langsung bersorak gembira. Mereka meneriakkan yel-yel tiga, yang bakal menjadi nomor urut Bupati Simalungun itu di bursa pencalonan Gubernur Sumut.

Sebelumnya JR Saragih yang berpasangan dengan Ance Selian dinyatakan tidak lolos verifikasi dalam rapat pleno terbuka pengumuman penetapan pasangan calon Pilgub Sumut di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (12/2/2018).

KPU menganggap JR tidak memenuhi kelengkapan adminstrasi hingga batas waktu yang ditentukan berupa fotokopi ijazah yang terlegalisir.

Komentar Anda

Komentar Anda