Polemik Kemendagri Tunjuk Pejabat Polri jadi Plt Gubernur

Sumber: istimewa
Sumber: istimewa

CEROBONGASAP.COM – Jawa Barat tengah mempersiapkan pergantian pemimpin dalam pentas Pemilihan Kepala Daerah atau Gubernur. Di tengah situasi itu, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo menunjuk dua jenderal polisi aktif untuk menjadi Plt Kepalan Daerah selama Pilkada 2018.

Salah satunya, menunjuk Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen Pol M. Iriawan, sebagai Plt Gubernur Jabar. Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule kabarnya dilantik menjadi Plt Gubernur Jabar, Senin (18/6/2018).

Sebelumnya, Kemendagri telah menunjuk Sekda Jabar, Iwa Karniwa, sebagai Plh Jabar. Hal tersebut dituangkan dalam surat telegram Kemendagri dengan nomor 121.32/3694/Sj yang diterbitkan Jumat (8/6) lalu. Namun, jabatan itu hanya berlaku beberapa hari dan digantikan dengan Iriawan.

Melihat hal tersebut, saya kembali bertanya-tanya, apakah itu tidak mencederai institusi kepolisian ketika anggota Polri menjabat sebagai kepala daerah walau statusnya Plt?

Hal ini yang membuat saya kembali bersedih dan kecewa. Sebagai anak polisi, seharusnya institusi Polri bisa menyelamatkan keadilan bagi seluruh masyarakat agar punya hak dan kebebasan untuk niat dan cita-cita berbuat untuk bangsa dan negara ini dalam koridor peraturan dan Undang-Undang tanpa sebuah intervensi dari institusi pemerintahan dan kekuasaan.

Saya mohon agar Polri tetap menjadi Institusi yang mengayomi rakyat dengan adil dan bijaksana. Polisi wajib menyalakan lilin keadilan agar terang benderang dan menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan bermartabat, khususnya dalam Pikada kabupaten/kota dan Pilgub 2018. Jangan sampai kesan masyarakat melihat Polisi mengambil dan menerima jabatan Plt unt kepentingan politik semata.

Seperti diketahui, pengusulan Iwan Bule sebagai penjabat Gubernur Jabar sudah nyaring terdengar sejak beberapa bulan lalu. Namun, usulan pejabat TNI dan Polri menjadi pejabat gubernur ditentang banyak pihak dan menimbulkan polemik.

Oleh: Rudi Kadarisman

Komentar Anda

Komentar Anda