Survei Terkini: AHY Kalahkan Prabowo dan Gatot untuk Hal Ini

 

Hasil survei Cyrus Network memunculkan kejutan soal figur bakal calon wakil presiden. Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati peringkat teratas dalam hal tingkat keterpilihan (elektabilitas) dibanding tokoh lain.

Menurut Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto, elektabilitas mantan tentara dengan pangkat terakhir mayor itu mengalahkan 19 nama lain yang selama ini cukup dikenal publik. Angkanya mencapai 15 persen.

Selanjutnya, di bawah AHY ada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (10 persen). Bahkan untuk posisi cawapres, putra Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono itu mengalahkan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas 9,1 persen.

Elektabilitas Prabowo untuk posisi cawapres bersaing dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sama-sama di angka 9,1 persen. “Kemudian Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo (8,8 persen), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (4,9 persen) dan mantan Ketua MK Mahfud MD (4,8 persen),” ujar Eko saat merilis hasil survei di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (19/4).

Di luar nama itu ada sejumlah figur lain. Yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani (4 persen), Gubernur Jawa Timur Soekarwo (2,9 persen), Menko PMK Puan Maharani (2,8 persen), Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (2,6 persen), Gubernur NTB Tuan Guru Bajang M Zainul Majdi (2 persen), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (2 persen), serta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan pengusaha sukses Chairul Tanjung masing-masing 1,1 persen.

“Survei ini merekam persepsi publik bahwa elektabilitas Anies malah berada di bawah AHY, kompetitornya di Pilkada DKI. Ini menunjukkan Anies belum berhasil mengapitalisasi posisinya sebagai gubernur DKI,” ulas Eko.

Lebih lanjut Eko mengatakan, Anies seharusnya bisa membuat gebrakan dan menyedot perhatian publik. Namun dari hasil survei hal itu tidak terlihat.

Survei Cyrus Network dilaksanakan pada 27 Maret hingga 3 April dengan jumlah responden 1.230 orang yang tersebar di 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi. Survei dengan metode wawancara lewat tatap muka itu memiliki margin of error 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar Anda

Komentar Anda